Berita

Ojo Dibidahke, Opick dan Azam Saingi Suara Emas Farel Prayoga

Jumat, 23 September 2022 - 00:21
Ojo Dibidahke, Opick dan Azam Saingi Suara Emas Farel Prayoga Opick dan Azam, Santri Pondok Pesantren Darul Fallah Pagutan Mataram, NTB menyanyikan lagu Ojo Dibidahke. (Foto: Tangkapan Layar TI)

TIMES PONOROGO, MATARAM – Beredar video memperlihatkan dua santri bernyanyi "Ojo Dibidahkan' yang mengaransemen lagu Ojo Dibandingke. Kedua santri tersebut adalah Opick dan Azam, Santri Pondok Pesantren Darul Fallah Pagutan Mataram, NTB. Suara kedua santri ini banyak dibandingkan dengan suara Farel Prayoga

Lagu Ojo di Bandingke versi Santri Ojo Dibidahkan merupakan karya TGH Muammar Arrafat. Video tersebut pertama diunggah oleh Jalan Tengah Inspiratif, pada 21 September  2022 lalu. 

Video tersebut merupakan potongan dari salah satu rangkaian pengajian jelang Maulid Nabi Muhammad tahun 2022. Video Ojo Dibidahkan ini pun mendapatkan apreasiasi positif dari kalangan santri. Salah satu diantaranya, menyebutkan bahwa Ojo Dibidahkan ini memberikan semangat untuk para santri.

"Masyaallah keren bangett, memotivasi dan bisa memiliki rasa bangga tersendiri mendengarnya. Semangat terus buat kalian semua," tulis akun Bulan R****o.

"Masya'allah Tabarakallah ????...kalah nih suara penyanyi aslinya, pasti viral nih????..dan semoga yg ngomong bid'ah2 nonton dan mengerti ????????...semoga maju terus Darul Falah ????," tulis akun Siti P******h.

Profil TGH Muammar Arafat 
TGH Muammar Arafat merupakan pengasuh Pondok Pesantren Darul Fallah Pagutan Mataram. Saat ini juga sedang menjabat sebagai Ketua PC NU Kota Mataram. Selain dikenal sebagai sosok tokoh agama, Muammar Arafat juga merupakan sosok politisi dari Partai Golkar NTB. Saat ini, ia tercatat sebagai salah satu anggota DPRD Pemprov NTB. 

Muammar Arafat juga tercatat merupakan calon Wakil Bupati Lombok Barat pada periode 2018-2023. Ketika itu, Muammar Arafat berpasangan dengan Nauvar Furqoni Farinduan. Ia juga sering disapa Kak Tuan Muammar (KTM). Selain di bidang politik, saat ini Muammar Arafat merupakan Pimpinan Majlis, dan direktur AMDK.

Ponpes Darul Falah NTB 
Pondok Pesantren Darul Falah Desa Pagutan, Kecamatan Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pesantren ini  dirintis oleh Tuan Guru Haji (TGH) Abhar Muhiddin pada 1956 ini menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Konferensi Besar NU 2017 di NTB pada 23-25 November 2017. 

Pesantren yang berdiri di atas lahan lebih kurang 6000 meter persegi ini dijadikan tempat berlangsungnya Sidang Komisi Bahtsul Masail Waqi’iyah, Maudluiyah, dan Qanuniyah. Pesantren Darul Falah menerapkan sistem pendidikan modern dengan tetap meneguhkan akhlak salaf.

Terinspirasi Farel Prayoga

Farel Prayoga adalah seorang pengamen yang kerap tampil di jalanan-jalanan sekitar Banyuwangi bersama orang tuanya. Musisi setempat, Wandra sangat tertarik dengannya karena melihat bakat besar di diri Farel Prayoga hingga mengajaknya untuk berkolaborasi.

Salah satu lagu yang dibawakan oleh Farel Prayoga bertajuk Ojo Dibandingke ciptaan Abah Lala viral dan membuat namanya kian dikenal publik. Saat ini, Farel Prayoga bergabung di bawah label Aneka Safari Record dan telah membawakan lagu-lagu dangdut lainnya seperti Buih Jadi Permadani, Joko Tingkir, dan lainnya.

Farel Prayoga merupakan  anak ke-3 dari 4 bersaudara dari pasanga Joko Sutoyo dan Siti Murjayanan. Saat ini, ia masih duduk di bangku kelas 6 SDN 2 Kepundungan, Srono, Banyuwangi, Jawa Timur.

Seperti yang diketahui, tentu tidak sedikit yang penasaran dengan sosok Farel Prayoga, remaja asal Banyuwangi, Jawa Timur itu menyanyikan lagu Ojo Dibandingke saat HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 pada 17 Agustus 2022 di Istana Negara.

Tampil di depan Presiden Jokowi, para pejabat, serta tamu undangan lainnya, aksi Farel Prayoga menuai banyak pujian dan sukses menghibur masyarakat Indonesia di momen spesial tersebut. Suara emasnya pun banyak menginspirasi para anak-anak untuk berkarya. Salah satunya, Opick dan Azam, dua Santri Pondok Pesantren Darul Fallah Pagutan Mataram, asuhan TGH Muammar Arrafat.(*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Ponorogo just now

Welcome to TIMES Ponorogo

TIMES Ponorogo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.