Berita

Dapat Bantuan PSU Jalan Lingkungan, Warga Manokwari: Terima Kasih PUPR

Jumat, 24 September 2021 - 14:55
Dapat Bantuan PSU Jalan Lingkungan, Warga Manokwari: Terima Kasih PUPR Perumahan  Griya Anday di Manokwari, Papua Barat berupa peningkatan jalan lingkungan atau jalan beton sepanjang 175 meter dengan lebar 4 meter untuk 50 unit rumah bersubsidi. (foto: Kementerian PUPR)

TIMES PONOROGO, MANOKWARIKementerian PUPR RI (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) terus berkomitmen menyediakan hunian yang berkualitas, terjangkau serta nyaman khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Ini diwujudkan melalui penyaluran bantuan Prasarana, Sarana dan Utilitas (PSU). 

Pada 2021 PSU salah satunya disalurkan bagi warga yang tinggal di Perumahan  Griya Anday di Manokwari, Papua Barat berupa peningkatan jalan lingkungan atau jalan beton sepanjang 175 meter dengan lebar 4 meter untuk 50 unit rumah bersubsidi. Saat ini semuanya sudah selesai 100 persen. Sedangkan total anggaran pembangunan PSU tersebut sebesar Rp 311,2 juta

Direktur Rumah Umum dan Komersial (RUK) Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Fitrah Nur mengatakan, penyaluran bantuan PSU dilaksanakan dalam rangka  peningkatan kualitas lingkungan perumahan bersubsidi pemerintah sekaligus mendukung Program Sejuta Rumah. 

“Selain memberikan bantuan peningkatan jalan lingkungan kami juga ingin memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 untuk ikut bekerja melalui program padat karya tunai bidang perumahan. Kami juga ingin   mendorong masyarakat khususnya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk membeli rumah bersubsidi dengan harga yang terjangkau,” terang Fitrah Nur.

Perumahan Griya Anday di Manokwari a

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Wilayah Papua II, Yance Pabisa mengatakan, di tahun 2021 Perumahan Griya Anday yang berlokasi di Jalan Anday Distrik Manokwari Barat, Kota Manokwari tersebut mendapatkan Bantuan Pembangunan PSU dengan penyedia jasa yaitu PT. Fulica Land,” proses pembangunannya telah selesai dengan tepat waktu dan tepat mutu,” ujar Yance Pabisa saat melakukan kunjungan ke lokasi Perumahan Griya Anday di Distrik Manokwari Barat.

Hansarius Warga Perumahan Griya Anday mengaku sangat senang bisa merasakan hasil pembangunan berupa prasarana, sarana dan utilitas (PSU) dari Kementerian PUPR. Jalan lingkungan perumahan sebelumnya selalu tergenang saat hujan turun kini sudah menjadi lebih baik karena sudah di beton dan memiliki kualitas yang baik. 

“Dulu jalan di perumahan kami kalau hujan turun selalu becek dan membuat kami sulit untuk berpergian. Tapi sejak ada bantuan PSU kini jalan lingkungan tempat tinggal kami sudah bagus dan dibeton dengan kualitas yang baik,” ujarnya.

25 Ribu Bantuan PSU

Pada TA 2021, Kementerian PUPR menargetkan akan menyalurkan 25.000 unit bantuan PSU.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan adanya bantuan PSU sebagai stimulan bagi pelaku pembangunan rumah untuk membangun rumah MBR dalam rangka pencapaian target program satu juta rumah.

"Program ini merupakan bentuk nyata keseriusan pemerintah untuk mewujudkan cita-cita terpenuhinya kebutuhan rumah bagi seluruh lapisan masyarakat, terutama rumah terjangkau layak huni dan berkualitas bagi MBR,” kata Menteri PUPR Basuki. (*)

Pewarta : Tria Adha
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Ponorogo just now

Welcome to TIMES Ponorogo

TIMES Ponorogo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.