Berita

Rekor Terendah Pandemi, Shelter Tambakbayan Ponorogo Hanya Rawat 8 Pasien Covid-19

Sabtu, 25 September 2021 - 10:01
Rekor Terendah Pandemi, Shelter Tambakbayan Ponorogo Hanya Rawat 8 Pasien Covid-19 Haryono, Kasi Rujukan Pelayanan Dinkes Ponorogo. (FOTO: Evita/TIMES Indonesia)

TIMES PONOROGO, PONOROGO – Kasus Covid-19 di Kabupaten Ponorogo mulai melandai. Shelter perawatan pasien Covid-19 di gedung IKM Tambakbayan hingga hari ini Sabtu (25/9/2021) hanya merawat 8 orang pasien positif Covid-19.

"Jumlah itu merupaka rekor terendah selama pandemi Covid-19," kata Haryono, Kasi Rujukan Pelayanan Dinkes Ponorogo.

"Kami merasa lega pasien yang dirawat di shelter sudah berkuran drastis. Puncaknya bulan Juli lalu, shelter gedung IKM penuh pasien Covid-19 dan dari 70 tempat tidur yang ada semua terisi," ulas Haryono.

Ia pun menjelaskan, dari 8 pasien yang tersisa di shelter 6 diantaranya pekerja migran Indonesia (PMI) yang baru datang dari luar negeri. "Sedangkan dua lainnya masyarakat umum," jelas Haryono.

Ada pemberlakukan khusus untuk PMI yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka dipisah ruangan  Dangan masyarakat umum agar tidak bercampur.

"Para PMI tersebut akan dilakukan swab PCR ulang pada hari ke 14 dengan hasil negatif sebagai syarat selesai perawatan. Namun jika swab PCR positif maka akan di swab PCR ulang hari ke 20," papar Haryono.

Haryono pun mengungkapkan sebenarnya idelanya PMI yang positif hasil swab PCR ditempatkan di gedung isolasi sendiri, misalnya di gedung dinas perpustakaan dan arsip yang pernah digunakan.

"Namun saat ini gedung tersebut masih proses rebilitasi oleh satgas Covid-19 Kabupaten. Apalagi ada varian baru Covid-19 dari luar negeri," tukas Kasi Rujukan Pelayanan Dinkes Kabupaten Ponorogo. (*)

Pewarta : M. Marhaban
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Ponorogo just now

Welcome to TIMES Ponorogo

TIMES Ponorogo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.