Berita

Pulang Pergi Diprovokasi Rudal Balistik, Wapres AS Tetap Kunjungi Perbatasan Kedua Korea

Jumat, 30 September 2022 - 07:33
Pulang Pergi Diprovokasi Rudal Balistik, Wapres AS Tetap Kunjungi Perbatasan Kedua Korea Dengan menggunakan teropong Wakil Presiden AS Kamala Harris melihat situasi di zona demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan kedua Korea di Panmunjom. (FOTO: Japan Today/AP)

TIMES PONOROGO, JAKARTA – Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris tak gentar meski Korea Utara  meluncurkan dua rudal balistik sehari sebelum ia datang dan satu lagi di Perairan Timurnya setelah meninggalkan Korea Selatan.

Militer Korea Selatan mengatakan, hari Kamis Korea Utara telah menembakkan setidaknya satu rudal balistik ke arah perairan timurnya.

Peluncuran itu dilakukan beberapa jam setelah Wakil Presiden AS itu berangkat dari Korea Selatan, perhentian terakhir dari perjalanan di Asia selama empat hari dimana dia menekankan bahwa komitmen AS untuk membela sekutunya dalam menghadapi meningkatnya ancaman Korea Utara.

Peluncuran hari Kamis itu menjadi yang ketiga selama  Wakil Presiden AS berkunjung ke Korea Selatan.

Dilansir di Japan Times, Rabu lalu, saat Kamala Harris tiba di Jepang, Korea Utara juga meluncurkan dua rudal balistiknya ke perairan yang sama.

Peluncuran itu dilakukan saat Amerika Serikat dan Korea Selatan sedang mengadakan latihan angkatan laut bersama di perairan sekitar semenanjung Korea.

Bahkan satu rudal juga diluncurkan sebelum dia meninggalkan Washington pada hari Minggu.

Harris mengakhiri perjalanan empat harinya ke Asia dengan berhenti di Zona Demiliterisasi yang membagi Semenanjung Korea saat dia menekankan komitmen AS yang “keras” terhadap keamanan sekutu Asianya dalam menghadapi Korea Utara yang semakin bermusuhan.

Kunjungan tersebut dilakukan setelah peluncuran rudal terbaru Korea Utara dan di tengah kekhawatiran bahwa negara tersebut dapat melakukan uji coba nuklir.

Mengunjungi DMZ telah menjadi semacam ritual bagi para pemimpin Amerika yang berharap bisa menunjukkan tekad mereka untuk berdiri teguh melawan agresi.

Korea Utara menembakkan dua rudal balistik jarak pendek pada hari Rabu, saat Harris berada di Jepang, dan menembakkan satu lagi sebelum dia meninggalkan Washington pada hari Minggu.

Peluncuran tersebut berkontribusi pada rekor tingkat pengujian rudal tahun ini yang dimaksudkan untuk membuat Korea Utara lebih dekat untuk diakui sebagai kekuatan nuklir penuh.

Di DMZ, Kamala Harris pergi ke puncak bukit, dekat menara penjaga dan kamera keamanan. Dia melihat melalui teropong besar ketika seorang perwira Korea Selatan menunjukkan instalasi militer di sisi selatan.

Kemudian seorang perwira Amerika menunjukkan beberapa pertahanan di sepanjang garis demarkasi militer, termasuk pagar kawat berduri dan ranjau tanah liat. Dia mengatakan tentara Amerika secara teratur berpatroli di sepanjang jalan.

Harris kemudian mengunjungi salah satu deretan gedung biru yang berdiri di atas garis demarkasi, di mana seorang perwira Amerika menjelaskan bagaimana gedung tersebut masih digunakan untuk melakukan negosiasi dengan Korea Utara. "Kadang-kadang mereka berkali-kali mengirim pesan dan kadang-kadang mereka menggunakan megafon," katanya.

Dia kemudian berjalan keluar dari gedung dan naik ke garis demarkasi. Di sisi Korea Utara, dua sosok yang mengenakan pakaian hazmat mengintip dari balik tirai di jendela lantai dua. Kemudian mereka menghilang kembali ke dalam.

Harris menggambarkan peluncuran rudal Korea Utara sebagai provokasi yang dimaksudkan untuk "menggoyahkan kawasan" dan mengatakan Amerika Serikat dan Korea Selatan tetap berkomitmen untuk "denuklirisasi penuh" Korea Utara.

"Saya tidak bisa cukup menyatakan bahwa komitmen Amerika Serikat untuk membela Republik Korea sangat kuat," katanya.

"Di Selatan, kita melihat demokrasi yang berkembang pesat. Di Utara, kita melihat kediktatoran brutal," katanya sebelum terbang keluar dari perbatasan dengan helikopter militer AS.

"Sebelumnya, Harris bertemu dengan Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol di kantornya di Seoul dan menegaskan kembali komitmen AS untuk membela Selatan dengan berbagai kemampuan militernya jika terjadi perang," kata pihak kantor Yoon.

Mereka menyatakan keprihatinan atas ancaman Korea Utara terhadap konflik nuklir dan berjanji akan memberikan tanggapan yang lebih kuat yang tidak ditentukan terhadap provokasi besar Korea Utara, termasuk uji coba nuklir.

Dengan pembicaraan denuklirisasi antara Korea Utara dan Amerika Serikat yang telah lama terhenti, peluncuran ini adalah bagian dari pola eskalasi yang lebih luas, dengan Korea Utara terus membangun dan menyempurnakan senjatanya, sementara Washington memperkuat pertahanannya.

Peluncuran minggu ini, yang sebelumnya juga dilakukan pada hari Minggu sebelum latihan angkatan laut dimulai, adalah yang pertama sejak awal Juni.

Korea Utara telah melakukan uji coba peluncuran lebih dari 30 senjata sepanjang tahun ini, lebih banyak daripada tahun-tahun lainnya.

Para ahli percaya peluncuran itu sebagai pembalasan atas latihan angkatan laut bersama ketika Washington dan Seoul meningkatkan pertahanan mereka terhadap Korea Selatan.

Latihan bersama empat hari kali ini adalah yang pertama melibatkan kapal induk AS yang diadakan sejak 2017.

Menuju Ambang Perang

Dalam pidato di Majelis Umum awal pekan ini, duta besar Korea Utara untuk PBB,  Song Kim mengkritik AS dan Korea Selatan atas latihan militer bersama mereka, dengan mengatakan mereka membawa semenanjung itu ke "ambang perang".

Dia mengatakan, kebijakan bermusuhan Amerika Serikat terhadap Korea Utara adalah alasan dunia sekarang, menuju ke fase yang jauh lebih berbahaya".

Korea Selatan dan AS telah lama membela latihan bersama mereka, yang mereka katakan bertujuan untuk menstabilkan kawasan.

Ketegasan rahasia negara Komunis atas kepemilikan senjata nuklirnya semakin meningkat - dan itu mengkhawatirkan AS dan Korea Selatan.

Awal bulan ini, Korea Utara mengesahkan undang-undang yang menyatakan dirinya sebagai negara senjata nuklir. Pemimpin Kim Jong-un bersumpah negaranya tidak akan pernah menyerahkan senjata mereka atau terlibat dalam pembicaraan perlucutan senjata nuklir.

Undang-undang tersebut juga mengizinkan Korea Utara untuk menembak terlebih dahulu, dalam berbagai skenario. Sampai baru-baru ini ia selalu mengklaim bahwa senjatanya adalah pencegah, yang bertujuan untuk mencegah perang.

Selama berbulan-bulan intelijen dari AS dan Korea Selatan telah menyarankan Korea Utara siap untuk menguji senjata nuklir tetapi sedang menunggu momen politik yang tepat.

Ini akan menjadi uji coba nuklir ketujuh Korea Utara dan yang pertama selama lima tahun. Pada hari Rabu, agen mata-mata Korea Selatan mengatakan kepada para politisi bahwa uji coba nuklir bisa terjadi antara pertengahan Oktober dan awal November, kemungkinan memanfaatkan jendela antara kongres Partai Komunis China dan sebelum pemilihan paruh waktu Amerika Serikat. (*)

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Ponorogo just now

Welcome to TIMES Ponorogo

TIMES Ponorogo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.