Berita

Sore Ini, Ponorogo Lakukan Rukyatul Hilal Penentuan 1 Syawal 1442 H

Selasa, 11 Mei 2021 - 10:14
Sore Ini, Ponorogo Lakukan Rukyatul Hilal Penentuan 1 Syawal 1442 H Kepala Kantor Kemenag Ponorogo Syaikul Hadi dan rukyatul hilal di Ponpes Al Islam saat menentukan awal Ramadan bulan lalu. (FOTO: Kemenag)

TIMES PONOROGO, PONOROGO – Kantor Kementerian Agama (Kemenag RI) Ponorogo hari ini Selasa (11/5/2021) akan menyelenggarakan rukyatul hilal untuk menentukan 1 Syawal 1442 H di Pondok Pesantren  Al Islam Joresan Mlarak Ponorogo, Jawa Timur.

"Seperti penentuan awal puasa, hari ini akan dilakukan rukyatul hilal untuk penentuan 1 Syawal," kata Kepala Kantor Kemenag Ponorogo Syaikul Hadi.

kemenag ponorogo 2

Ia pun menjelaskan bahwa hasil rukyatul hilal tersebut nantinya akan dikirimkan ke Jakarta untuk materi sidang itsbat penentuan 1 Syawal oleh pemerintah. "Sidang itsbat sendiri akan dilakukan hari ini 29 Ramadan setelah shalat Maghrib," jelasnya.

Kegiatan rukyatul hilal di Pondok Pesantren Al Islam nanti juga dihadiri oleh perwakilan ormas keagamaan, tim ahli falakiyah, Pemkab, Kemenag, dan Pengadilan Agama Ponorogo.

"Karena dalam situasi pandemi, peserta dibatasi hanya 30 orang," sebut Syaikul Hadi.

Tahun 2021 ini merupakan yang pertama penunjukan lokasi di Pondok Pesantren Al Islam  oleh Kementerian Agama Wilayah Jawa Timur untuk menentukan awal Ramadan dan Syawal.

"Meski baru pertama kalinya ditunjuk Kemenag RI Wilayah Jawa Timur, Ponpes Al Islam ini ternyata sudah lama dipakai oleh organisasi masyarakat dan ahli hisab serta rukyat untuk melihat rukyatul hilal," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Ponorogo, Syaikul Hadi. (*)

Pewarta : M. Marhaban
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Ponorogo just now

Welcome to TIMES Ponorogo

TIMES Ponorogo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.