Berita

Wow! Ini 10 Daerah Paling Tak Bahagia di Indonesia, Ada Tempat Asalmu?

Jumat, 23 September 2022 - 03:34
Wow! Ini 10 Daerah Paling Tak Bahagia di Indonesia, Ada Tempat Asalmu? Ilustrasi kebahagiaan. (Foto: Tirachardz)

TIMES PONOROGO, JAKARTA – Tingkat kebahagiaan masyarakat di suatu daerah bisa diukur melalui beberapa indikator. Kebahagiaan membawa ketentraman bagi individu maupun kelompok serta keluarga sehingga dapat menjalani kehidupan dengan riang gembira. Seperti yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) melalui hasil survey tentang Indeks Kebahagiaan Indonesia.

Indeks Kebahagiaan sebagai ukuran pembangunan yang bersifat subjektif ditawarkan untuk melihat persepsi masyarakat, tentang apa yang dirasakan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Badan Pusat Statistik telah melaksanakan kajian tentang tingkat kebahagiaan beberapa kali, yaitu uji coba tahun 2012 dan 2013. Kemudian survei pengukuran tingkat kebahagiaan (SPTK) sebanyak 3 kali, tahun 2014, 2017, dan 2021.

Pendekatan sebagai nilai indikator yang digunakan oleh BPS ada tiga, yakni kepuasan hidup warga (life satisfaction), perasaan (affect), dan makna hidup (eudaimonia). Data terakhir yang dikeluarkan adalah indeks kebahagiaan tahun 2021.

Pada tahun 2021 lalu sendiri indeks tingkat kebahagiaan masyarakat Indonesia mencapai 71,49 atau naik 0,80 poin jika dibandingkan dengan hasil di tahun 2017.

Apakah daerah anda masuk kriteria 10 besar daerah paling tidak bahagia di Indonesia? Yuk, kita lihat datanya di bawah ini:

Berikut 10 daerah paling tidak bahagia di Indonesia berdasarkan data BPS:

1. Banten (68,08)

2. Bengkulu (69,74)

3. Papua (69,87)

4. Nusa Tenggara Barat (69,98)

5. Jawa Barat (70,23)

6. Nusa Tenggara Timur (70,31)

7. Sumatra Utara (70,57)

8. DKI Jakarta (70,68)

9. Aceh (71,24)

10. Sumatra Barat (71,34)

Sementara, ini data 10 daerah paling bahagia di Indonesia berdasarkan data BPS:

1. Maluku Utara (76,34)

2. Kalimantan Utara (76,33)

3. Maluku (76,28)

4. Jambi (75,17)

5. Sulawesi Utara (74,96)

6. Kepulauan Riau (74,78)

7. Gorontalo (74,77)

8. Papua Barat (74,52)

9. Sulawesi Tengah (74,46)

10. Sulawesi Tenggara (73,98)

Tentang Kebahagiaan

Kebahagiaan atau kegembiraan adalah suatu keadaan pikiran atau perasaan yang ditandai dengan kecukupan hingga kesenangan, cinta, kepuasan, kenikmatan, atau kegembiraan yang intens.

Bersyukur dan berbuat ikhlas adalah salah satu cara agar hidup akan terasa lebih tenang dan Bahagia. Berbagai pendekatan filsafat, agama, psikologi, dan biologi telah dilakukan untuk mendefinisikan kebahagiaan dan menentukan sumbernya.

Sebagai solusi untuk membantu kita merasa lebih bahagia secara keseluruhan, para peneliti menyarankan 5 hal yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Menghemat waktu untuk merenungkan hal yang disyukuri

2. Berpikir, berbicara dan menulis secara positif tentang diri sendiri

3. Bersikap baik kepada orang lain

4. Hidup sesuai nilai yang dianut

5. Nikmati pengalaman positif dan biarkan diri merasakan kesenangan pada waktunya

Ada beberapa tips untuk meningkatkan kebahagiaan. Pertama, tersenyum atau perbanyak tawa. Tersenyum dan tertawa menjadikan pikiran lebih merespon secara tetap positif terhadap situasi yang sedang dihadapi.

Kedua, berpikir positif. Seseorang yang hidupnya dipenuhi dengan lingkaran pikiran negatif akan berdampak kepada tingkat kebahagiaan. Sebab itu, berpikir positif dapat mengantarkan kita kepada aura kebagiaan.

Ketiga, rutin berolahraga. Terkadang terlalu banyak beban pikiran atau pekerjaan dapat menimbulkan seseorang sering mengalami stress, gejala depresi, atau cemas.

Keempat, jangan larut dalam kesendirian. Sekalipun beberapa orang memiliki karakter introvert, namun tetap saja seorang introvert memerlukan waktu untuk bercerita dan bersosialisasi dengan satu atau dua yang dipercaya. Terutama ketika ada kesedihan yang menyelimuti. Boleh bersedih tapi jangan terlalu lama. Sebab bahagia berhak datang kapan saja.

Itulah data BPS tentang 10 daerah paling tak bahagia di Indonesiam berdasarkan indeks kebahagiaan. Apakah ada tempat asalmu? Semoga TIMES Lovers selalu bahagia, ya! (*)

Pewarta : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Ponorogo just now

Welcome to TIMES Ponorogo

TIMES Ponorogo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.