Gaya Hidup

Asal Nama Jajanan Khas Indonesia ini Ternyata Berasal dari Singkatan Kata

Rabu, 20 Januari 2021 - 01:04
Asal Nama Jajanan Khas Indonesia ini Ternyata Berasal dari Singkatan Kata Makanan khas Indonesia yang namanya merupakan singkatan. (hai.grid.id)

TIMES PONOROGO, JAKARTA – Warga Indonesia terkenal kreatif soal makanan. Terbukti banyak sekali jajanan yang dijual di pinggir jalan yang biasanya sebagai cemilan. Sebut saja batagor, ketoprak, cilok dan jajanan khas Indonesia lainnya.

Nah ternyata nama beken dari jajanan tersebut merupakan singatan loh. Apa saja ya?

1. Batagor

Batagor merupakan jajanan yang awalnya populer di Bandung dan sekitarnya. Makanan ini merupakan singkatan bakso tahu goreng. 

Seperti singkatannya, makanan ini memang bakso bulat dan tahu yang digoreng dan diberi saus kacang. Sedap yaa.

2. Ketoprak

Sekilas mendengarnya, pikiran kita pasti menuju pertunjukan seni khas Jawa yang disebut ketoprak. Namun ternyata keoprak juga nama makanan loh. Ketoprak sendiri singkatan dari ketupat dan tauge geprak. Makanan ini biasanya dijadikan makanan utama, karena bahan ketupat yang bisa membuat kenyang. Ketoprak juga pakai saus kacang ya. 

3. Cireng dan kawan-kawan

Cireng, cimol, cilor, cilok adalah jajanan favorit anak sekolah. Semua makanan tersebut berasal dari bahan yang sama yaitu aci atau tepung kanji. Yang membedakan adalah cara memasaknya. Cireng merupakan singkatan dari aci digoreng dan cilok singkatan dari aci dicolok. Cimol singkatan dari aci digemol yang berarti aci dibentuk bulat-bulat kecil. Sedangkan cilor singkatan dari aci dan telor (telur), yaitu aci yang digoreng dengan telur.

4. Colenak

Makanan ini terbuat dari tape singkonng bakar yang disajikan degan gula jawa cair. Colenak juga berasal dari 2 kata, yaitu dicocol enak. Emang enak ya, tape bakar dicocol ke gula jawa.. lumerrr di lidah.

5. Comro dan miso

Comro dan miso dapat dikatakan saudara kandung, karena keduanya dijual oleh 1 pedagang yang sama. Comro singkatan dari oncom di jero, sedangkan misro singkatan amis di jero. Eits amis disini bukan bau amis loh yaam, maksudnya manis yang berasal dari gula aren. Pokoknya sama-sama enak. 

6. Gehu/ gedas

Gehu singkatan dari tauge di dalam tahu goreng, dan gedas adalah gehu pedas. Hehehe...lucu yaa namanya. Biar namanya lucu jajanan khas Indonesia ini jadi favorit banyak orang loh. Kini isiannya tak hanya tauge, tapi juga wortel dan kol. Wah lengkap ya! (*)

Pewarta : Tria Adha
Editor : Dhina Chahyanti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Ponorogo just now

Welcome to TIMES Ponorogo

TIMES Ponorogo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.