Pendidikan

5 Skill yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Tingkat Akhir

Senin, 11 Januari 2021 - 23:35
5 Skill yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Tingkat Akhir ilustrasi Mahasiswa Tingkat Akhir (FOTO: UMN)

TIMES PONOROGO, JAKARTA – dir="ltr">Mahasiswa tingkat akhir memang tak lagi menempuh banyak mata kuliah. Namun, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan, mulai dari rangkaian skripsi hingga skill yang harus diasah sebelum terjun ke dunia pekerjaan secara profesional. Pada dasarnya, skill terbagi menjadi dua, yaitu hard skill dan soft skill.

Hard skill adalah keahlian yang dapat ditingkatkan melalui pendidikan formal, kursus, program sertifikasi, maupun pelatihan. Sementara itu, soft skill adalah keahlian yang bisa ditunjukkan dari sikap dan sifat dari dalam diri individu. Untuk mempelajari soft skill, diperlukan kecerdasan emosional dan empati. Hal tersebut dapat dilatih dengan menerapkan soft skill dalam aktivitas sehari-hari.

Untuk memperoleh karier yang bagus, kamu bisa mengasah kedua skill tersebut sejak kuliah. sebagaimana yang dirangkum dari Institut Teknologi Batam (ITEBA). 

1. Mahir menggunakan komputer

Di era teknologi seperti saat ini, hampir seluruh pekerjaan melibatkan teknologi dan komputer. Salah satu skill yang harus dimiliki mahasiswa tingkat akhir, tentunya adalah memahami pengetahuan dasar tentang ilmu komputer. Selain itu, kamu juga dituntut untuk bisa mengoperasikannya.

Di dunia kerja, komputer atau laptop memiliki peran penting untuk membuat presentasi laporan maupun pengolahan data. Oleh karena itu, kamu harus menguasai teori dan praktik komputer.

2. Menguasai media sosial 

Media sosial dapat membantu peningkatan bisnis di era teknologi. Interaksi langsung terhadap calon pembeli membuat media sosial lebih efektif untuk memasarkan produk. Bahkan, kini mengelola media sosial telah menjadi salah satu pekerjaan yang menjanjikan. Pekerjaan tersebut masuk ke dalam divisi Digital Marketing. Jika kamu telah membiasakan diri dan menguasai media sosial, maka keahlianmu akan berguna untuk masa depan kariermu.

3. Menguasai bahasa asing

Skill mahasiswa tingkat akhir lainnya yang harus kamu miliki adalah menguasai bahasa asing. Ada banyak bisnis internasional yang telah mengembangkan bisnisnya di Indonesia. Hal itu menuntut kamu untuk memahami bahasa asing, setidaknya bahasa Inggris. Dengan penguasaan bahasa asing, peluang kamu memiliki karier cemerlang semakin besar.

4. Memiliki kemampuan analisis

Pada saat memasuki dunia kerja, ada beragam permasalahan yang harus kamu hadapi. Hal itu bisa dilalui jika kamu memiliki kemampuan analisis disertai dengan solusi. Kamu harus mengembangkan pola pikir kritis, namun tetap dapat dipahami oleh rekan kerja maupun klienmu.

Salah satu cara mengembangkan kemampuan analisis di antaranya adalah dengan banyak membaca. Dengan aktif membaca, kemampuan kognitif akan terasa sehingga kamu terbiasa berpikir secara analisis.

5. Kreatif dan inovatif

Tantangan di dunia kerja membuat kamu harus mengasah skill terus menerus. Salah satu skill mahasiswa tingkat akhir yang harus kamu miliki adalah kreatif dan inovatif. Dengan tingkat kreativitas dan inovasi yang tinggi, kamu akan memiliki keunikan khusus dibandingkan karyawan lainnya. Berpikir out of the box juga bisa membuatmu melihat segala permasalahan dari sisi yang berbeda.

Itulah 5 skill yang harus dimiliki Mahasiswa tingkat akhir sebelum terjun ke dunia kerja. Sebaiknya, kamu meningkatkan hard skill dan soft skill dengan seimbang. (*)

Pewarta : Dody Bayu Prasetyo
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Ponorogo just now

Welcome to TIMES Ponorogo

TIMES Ponorogo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.