Wisata

Ini Dia, 5 Bukit Terindah di Pacitan yang Cocok Didaki Pecinta Alam

Minggu, 11 September 2022 - 00:35
Ini Dia, 5 Bukit Terindah di Pacitan yang Cocok Didaki Pecinta Alam Menikmati keindahan alam Pacitan dari atas Bukit Sepang. (FOTO: Dokumentasi TIMES Indonesia)

TIMES PONOROGO, PACITAN – Bosan dengan suasana pantai? Atau ingin mencari sensasi berbeda? Di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur terdapat beberapa bukit terindah yang dapat dijadikan alternatif berwisata khususnya bagi para pecinta alam. Berikut lima di antaranya:

1. Bukit Sepang

Bukit Sepang ini berada di Kecamatan Tulakan dan menjadi salah satu tempat favorit untuk berkemah. Agar bisa sampai ke puncak, para pendaki membutuhkan waktu 1-2 jam perjalanan. Dari pusat Kota Pacitan berjarak sekitar 45 kilometer. 

Anda harus berjalan kaki sekitar 2 kilometer melewati jalan rabat cor dari SDN 1 Tulakan, tanjakannya cukup curam dan harus melewati hutan.

Begitu tiba di puncak, anda akan disuguhi pemandangan berupa hamparan alam yang membentang. Birunya laut selatan juga tampak menyatu dengan kabut. 

Anda bisa mengabadikan momentum seru bersama teman dan orang terdekat. Terutama saat menjelang matahari terbit dan terbenam. Tak jarang wisatawan sampai rela menginap di puncak Bukit Sepang. 

2.Bukit Bokong Semar

View-estetik-panorama-alam.jpgView estetik panorama alam dari Bukit Bokong Semar Pacitan.  (FOTO: Dokumentasi TIMES Indonesia) 

Bukit Bokong Semar ini berada di Dusun Gamping, Desa Ponggok, Kecamatan Pacitan sekitar 10 kilometer dari Alun-alun Kabupaten Pacitan. Anda bisa menikmati keindahan alam berupa lembah di sekelilingnya dari atas ketinggian. 

Masyarakat sekitar kerap menjadikan Bukit Bokong Semar sebagai salah satu spot swafoto. Saat menengok ke selatan, pemandangan yang tersaji adalah lanskap kota dan hamparan Pantai Teleng Ria tampak  dramatis menjelang petang.

Terbaru, Pemerintah Desa Ponggok akan menjadikan Bukit Bokong Semar sebagai destinasi wisata baru. 

3. Bukit Bintang

Bukit-Bintang-Desa-Wonogondo.jpgBukit Bintang Desa Wonogondo, Pacitan.  (FOTO: Dokumentasi TIMES Indonesia)

Tak kalah menarik dengan sebelumnya. Keindahan Kota Pacitan juga bisa dilihat dari atas Bukit Bintang yang lokasinya ada di jalur alternatif Pacitan-Lorok, yakni masuk Desa Wonogondo, Kecamatan Kebonagung sekitar 7 kilometer dari pusat Kota Pacitan. 

Di sini, anda juga bisa melihat pemandangan Pantai Teleng Ria dan Pancer Door yang cukup instagramable cocok untuk diabadikan dengan kamera. 

Momentum paling dinanti-nantikan adalah saat sunset muncul sore hari. Dari kejauhan tampak kerlap-kerlip lampu kota bak bintang di langit. Pantas saja, destinasi cantik ini sering disebut Bukit Bintang. 

Selain itu, dari ketinggian anda juga bisa menyaksikan panorama Sungai Grindulu yang meliuk-liuk seperti huruf S.Tempat ini juga kerap dijadikan jujukan bikers untuk sekedar singgah sambil menikmati panorama alam khas Pacitan. 

4. Bukit Sentono Gentong

Merupakan destinasi wisata yang mulai dikembangkan pada tahun 2018. Lokasi Sentono Genthong ini berada di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku. Dari pusat kota sekitar 13 kilometer.

Destinasi satu ini cukup fenomenal sejak 2018 lalu. Lokasinya ada di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku. Dari pusat kota hanya berjarak sekitar 13,9 kilometer menggunakan kendaraan roda dua atau empat. 

Di sini anda bisa melihat keindahan Kota Pacitan dan Pantai Teluk yang membentang luas tampak melengkung dari atas lengkap dengan batu karangnya yang menakjubkan pandangan mata. 

Tiket masuknya Rp10 ribu per orang. Fasilitas seperti tempat ibadah, kamar mandi dan toilet juga sudah tersedia. Jika lapar dan haus, di lokasi terdapat aneka kuliner yang khas untuk memanjakan tenggorokan dan lidah. Jadi tak perlu khawatir jika ingin seharian di sana.

5. Pesona Pendok Keris

Mungkin destinasi yang satu ini masih asing di telinga. Namun, Bukit Pendok Keris yang berada di Desa Ploso, Kecamatan Punung ini juga bisa menjadi tempat alternatif liburan akhir pekan anda. 

Meski jarang diketahui banyak orang, Pesona Pendok Keris menyuguhkan panorama alam berupa gugusan bukit dan lembah hijau menyejukkan mata. Jaraknya sekitar 24 kilometer dari Pendopo Kabupaten Pacitan.

Menariknya, di sini anda bisa langsung melihat pegunungan sebelah utara yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. 

Jika sore hari, anda bisa menunggu senja terbenam sambil menikmati keindahan sunset. Begitu pun pagi hari, matahari terbit dari ufuk timur juga sangat gamblang terlihat. Anda bisa mengabadikan momentum terbaik menggunakan kamera ponsel. 


Itulah rekomendasi lima bukit terindah di Pacitan yang bisa dijadikan alternatif berlibur akhir pekan khususnya bagi para pecinta alam. (*) 

Pewarta : Yusuf Arifai
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Ponorogo just now

Welcome to TIMES Ponorogo

TIMES Ponorogo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.